Tentang Baterai Eneloop – Salah Satu Baterai Terbaik pilihan Fotografer

baterai eneloopbaterai eneloop XXbaterai eneloop lite

Anda penggemar fotografi strobist? Jika ya, kemungkinan besar anda akan akrab dengan baterairechargable. Bagi penggemar fotografi strobist, kebutuhan baterai rechargable memang tidak terelakkan. Untuk penggunaan flash yang haus akan daya, penggunaan baterai rechargabledipastikan jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan baterai konvensional. Namun, di pasaran banyak sekali tipe baterai rechargable yang beredar, yang cukup terkenal diantaranya merk enelooppabrikan Sanyo (Panasonic).

Kapasitas Baterai dan Siklus

Eneloop sendiri dibedakan berdasarkan kapasitasnya menjadi 3 versi: original, lite dan XX. Berikut disajikan data perbandingan kapasitas dan siklus charging dari ketiga tipe batere tersebut:

perbandingan kapasitas dan siklus charging baterai eneloop

Terlihat jelas dari tabel di atas, semakin besar kapasitas maksimum dari baterai eneloop, maka semakin rendah siklus chargingnya. Siklus Charging sendiri dapat diartikan secara sederhana sebagai berapa kali baterai dapat diisi ulang hingga mengalami malfungsi (lebih detil silahkan lihat standar Cycle Life:IEC61951-2(2003) )

baterai eneloop - ebih detil silahkan lihat standar Cycle Life

Kapasitas baterai sendiri berpengaruh terhadap berapa lama suatu baterai dapat digunakan sebelum harus diisi ulang lagi. Dari tabel sebelumnya, jelas Eneloop XX berada pada posisi nomor 1 untuk urusan kapasitas.

Total Kapasitas Vs Biaya Total

Kalau bicara kapasitas, eneloop XX pemenangnya, dan bicara siklus eneloop lite adalah juaranya, bagaimana dengan value? siapa yang menawarkan value terbaik. Berdasarkan sudut pandang saya, seharusnya kita membayar untuk total kapasitas baterai tersebut, jadi value terbaik seharusnya diperoleh oleh baterai yang memiliki total kapasitas terbesar. Saya ringkas lagi beberapa parameter penting ketiga baterai tersebut:

baterai eneloop - parameter penting ketiga baterai

sumber harga: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11067053

Ternyata eneloop memberikan total kapasitas yang paling tinggi sebesar 3.000 AH, meninggalkan eneloop Lite di posisi kedua. Eneloop XX tertinggal di posisi terakhir, yang membuktikan bahwa harga eneloop XX terlalu tinggi (dipandang dari total kapasitas tentunya) sebesar Rp 22 per AH. Untuk biaya per kapasitas, eneloop lite dan eneloop bersaing ketat dengan selisih sekitar 7%. Dengan ini saya yakin untuk menetapkan bahwa eneloop memberikan value terbaik dari versi eneloop yang lain.

“eneloop memberikan total kapasitas

yang paling tinggi sebesar 3.000 AH”

Kesimpulan

Kesimpulan dari review singkat ini, jika anda ingin memiliki baterai dengan kapasitas yang tinggi (penggunaan paling lama) untuk setiap pemakaiannya, eneloop XX adalah pilihannya. Namun jika anda peduli dengan total biaya yang dikeluarkan, eneloop adalah pilihan yang tepat.

disclaimer: review ini tidak disponsori siapapun , pemilihan merk sanyo eneloop merupakan preferensi pribadi penulis

Tambahan

  

Sumber:

  1. http://www.eneloop.info/
  2. http://www.eneloop.info/products/batteries.html
  3. http://www.eneloop.info/fileadmin/EDITORS/ENELOOP/DATA_SHEETS/HR-3UTGA_data_sheet.pdf
  4. http://www.eneloop.info/fileadmin/EDITORS/ENELOOP/DATA_SHEETS/HR-3UWX_data_sheet.pdf
  5. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11067053
  6. http://panasonic.net/energy/eneloop/whatseneloop/
  7. http://www.cnlumos.com/lumos/Battery%20Knowledge/Battery%20Standards/IEC61951-2-2003.pdf

permalink blog panjiatmojo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s